Sunday, December 7, 2008

Sedikit kerja, banyak main dan kaya raya

Work hard!? Or play hard?!!
Mungkin keduanya sedang ku kerjakan, terutama untuk bermainnya dan kelayapan hingga lupa waktu. Memang sih, alasannya bekerja tapi lebih banyak mainnya. Hahaha. Ideal memang, kalo pekerjaan kita bisa berbagi waktu dengan bermain yang tanpa ujung. Sedikit kerja, banyak main, kaya raya!
Hari Sabtu kemarin, 6 Desember, dari pagi sampai malam aku di daerah Borobudur, Jateng, untuk keduanya--a bit work but play hard *blom bisa kaya raya sih!* Saya jadi sukarelawan untuk Green Map Jogja dengan proyek memetakan kawasan Borobudur--nggak hanya Candi saja namun hingga ke berbagai desa wisata yang ada di sekitarnya. Kayaknya proyek ini bakalan berlangsung sampe' bulan Februari 2009.
Meski belum langsung bisa kaya raya. Namun petualangan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang kemaren sangat seru. Soalnya, nih ya bisa dibayangin--dari pagi jam 10 udah sampe' di Borobudur langsung siap buat survey di Candi. Selesai survei jam 3 sore kita brainstroaming data-data yang di dapet selama survey. Habis itu jam 7 malem ada pertemuan dengan warga desa soal perencanaan kerja dan pematangan konsep--yang mana pemetaan kawasan Borobudur nantinya akan dilakukan oleh orang-orang desa itu sendiri. Kelar pertemuan warga, jam 10.30 malem dijamu sama Kepala Desa Borobudur makan soto, yang ngantrenya luar biasa lama!. Akhirnya kita baru bisa pulang ke Jogja jam 12 dari Magelang cuma naik motor!
Udah pasti itu pengalaman yang luar biasa heboh. Selain pengalaman-pengalaman yang lainnya di sana yang nggak kalah hebohnya juga. Apa yang bisa dinikmatin dari petualangan kemaren? Bekerja penuh semangat tanpa mengeluh. Saya masih muda dengan idealisme-idealisme yang terpatri dalam otak saat ini. Masih banyak yang harus dicari untuk memperkaya cerita-cerita yang baru. Memang, diri yang sekarang ini masih sangat egois dimana belum berbentur dengan birokrasi, tuntutan perut, susu anak hingga suami yang rewel. Saya masih muda, belum menikah *hahahaha* dan tanpa beban sama sekali. Kesempatan mungkin cuma datang satu kali sama hal seperti hidup. Meski begitu, membuat pilihan untuk bekerja bebarengan dengan bermain juga bukan hal yang mustahil.
Orang-orang tua yang saya hormati selalu bilang, kalo kita suka dengan pilihan kita pasti semua akan terasa menyenangkan. Semua itu harus dinikmati, apapun pilihan dan pekerjaan kita karena semua itu sebenernya memiliki banyak sisi yang indah hanya saja kadang kita kelewat buta untuk mau melihat itu semua.
Naik motor dari Magelang tengah malam buta memang bukan hal yang baik terutama buat kesehatan. Namun, semua lelah atau sakit bisa ditebus oleh rasa puas oleh hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Asal diri kita bangga sama apa yang kita udah kerjaan maka jalan itu bakalan lebih gampang untuk dilalui.

No comments: