Sunday, December 7, 2008

Cinta monyet dari Condong Catur

Baru aja pulang dari takbir keliling di kompleks Perumnas nih. Hehehehehe! Yap, takbir keliling atau biasa disebut takbiran. Ritual malam menjelang hari raya Ied--baik Fitri atau Adha, keliling kampung sambil bertakbir mengumandangkan asma Tuhan Sang Maha Besar. Dari kecil, semenjak SD kelas 3 saya emang hampir selalu ikutan takbiran ini. Kalo mengenang masa kecil dulu rasanya romantis banget. Takbiran, bawa obor dari bambu dan beramai-ramai bareng temen jalan malam sambil teriak-teriak. Apalagi biasanya selalu ada lomba takbir antar TPA yang mana TPA ku, Nurul Iman, selalu jarang jadi juaranya. Makanya, setiap takbiran kita selalu berusaha ngeluarin suara sekeras-kerasnya dan sekompak-kompaknya biar mengesankan para juri.

Yang paling sering takbiran dari temen-temenku ada 2 orang. Kita bertiga bisa dibilang paling rajin kalo soal ikutan takbiran. Alasan pertama, karena serunya jalan-jalan malem. Alasan kedua, karena bisa teriak-teriak sambil mengintimidasi rombongan TPA lainnya. Alasan ketiga karena salah satu temen--sebut aja D, ngecengin pemimpin rombongan takbir TPA. Auuuww, cinta monyet nih ya ceritanya.

Cerita cinta monyet itu ketika D kelas 5 SD (waktu itu saya kelas 6 SD). D suka sama cowok yang aktif di TPA dan emang sih cowok itu jadi idola tersendiri buat anak-anak karena sikapnya yang lucu dan asyik kalo lagi ngajar. Oh ya untuk diketahui, waktu itu cowok itu adalah pelajar SMA yang masih sangat muda belia, hahaha :D, 15 atau 16 tahun. Cinta terpaut beda 6 tahun. Temen-temen termasuk saya sering aja godain si D masalah cowok kecengan dia ini. Yah itung-itung solidaritas persahabatan ceweklah.

Waktu bergulir dan jaman berganti. Dari celana cut bray hingga beralih masih celana bagy. Dari potongan rambut belah tengah ala Bryan Westlife sampe ke gaya screw cut model mohwak. Si D kelas 3 SMP dan cowok itu sudah berkuliah. Masih imut dan muda, ABG-ABG pencari makna cinta. Cinta si D buat cowok itu baru mau dikembangkan--berhubung udah lebih gede dikitlah, tiba-tiba sepucuk undangan itu datang. Undangan-undangan itu tersebar ke tetangga-tetangga yang lain termasuk saya. Undangan nikah si cowok yang tengah berusia sekitar awal kepala 2(21-22 tahun).

Jegerrr!!!! Nikah muda..na lho...

Yeah, si cowok itu tadi termasuk aliran No way pacaran, Just Married. Ngerti kan'!?. Mau usia muda berapapun kalo udah siap nikah langsung aja ucap ijab qabul daripada daripada. Patah hati deh si D. Lagi-lagi kita ada untuk siap tersenyum memberi semangat. Toh itu juga cinta monyet yang hanya saja kalo dikenang lagi sekarang ya paling cuma siap di ceng-cengin terus. :P

Cinta mungkin bisa menyentuh manusia entah di usia mana pun maupun itu dua puluhan, tiga puluhan bahkan yang baru sepuluh tahun. Bisa cinta seperti monyet atau cinta yang mendalam. Kalo dipikir emang sih itu konyol. Cinta monyet yang sedikit bikin shock--dimana ketika ceritanya baru mau dibikin eh langsung dipatahkan. Saya sendiri punya pengalaman, bukan soal cinta namun hubungan lawan ketika jaman SD dulu, jauh lebih bikin kepala geleng-geleng. Pengalaman masa kecil yang bermacam-macam inilah yang akan membawa kita menuju petualangan lain yang lebih mendebarkan lagi. Dari takbiran bisa tahu rasanya patah hati. Hidup itu seperti labirin yang penuh kejutan. Dan tentu saja, kejutan itu ada pada orang-orang yang akan kita ketahui dan selami lebih dalam lagi.

No comments: